Polisi Tidak Perlu Gelar Ops Patuh

Kemarin, Senin, 16  Mei 2016, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara resmi mengelar operasi patuh 2016. Operasi ini dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tanpa terkecuali. Salah satu tujuan digelarnya operasi  ini adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dijalan raya. 

Sebuah tujuan yang sangat mulia...

Mengapa operasi ini dilakukan secara rutin oleh Kepolisian? 

Latar belakang dilaksanakannya operasi ini adalah karena tingginya angka kematian manusia yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Di Indonesia, dalam setahun  angka kematian yang disebabkan  oleh kecelakaan lalu lintas hampir mencapai angka 30 ribu jiwa. 

Selain itu rendahnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan dan rambu lalu lintas juga menjadi latarbelakang yang tidak kalah penting sehingga operasi ini digelar secara rutin setiap tahunnya.

Polri tidak perlu menggelar operasi patuh. Itu seharusnya......jika masyarakat telah memiliki tingkat kesadaran dalam berlalu lintas yang tinggi. Sayangnya, masih banyak masyarakat kita yang tidak patuh terhadap peraturan lalu lintas yang telah dibuat oleh pemerintah, padahal peraturan tersebut dibuat dengan tujuan untuk melindungi masyarakat itu sendiri.

Banyak masyarakat yang masih cenderung patuh berlalu lintas lantaran takut akan tindakan yang diberikan oleh Polisi ketimbang berfikir untuk keselamatannya dirinya sendiri. 

Sebuah sikap yang salah dan harus menjadi perbaikan kita bersama, sehingga kedepan angka kecelakaan lalu lintas dan angka kematian akibat  kecekalaan lalu lintas bisa ditekan bahakan dihilangkan.

Semoga kita semua bisa sadar akan pentingnya disiplin taat dan patuh dalam berlalu lintas, bukan karena takut dengan Polisi baru kita disiplin.

0 comments:

Post a comment