Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Jika Anda bertanya 'bagaimana cara menjadi pengusaha / pebisnis sukses dengan modal kecil ?' maka jawaban paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah dengan menjalankan bisnis online. Bahkan, menjalankan bisnis online tanpa modal sekalipun bisa dan sangat mungkin, karena modal yang kita perlukan hanya koneksi internet dan laptop saja, kabar baiknya kini telah banyak tersedia free wifi, sementara untuk laptop, bisa pinjam teman (tidak disarankan).



Kembali ke topik utama mengenai cara menjadi pengusaha sukses, dimana sebenarnya bisnis apapun yang kita jalankan, pasti bisa mengantarkan kita pada kesuksesan atau dalam hal ini adalah uang yang banyak, hanya saja lama tidaknya hal tersebut tercapai, tergantung dari jenis bisnis yang dipilih dan seberapa mahir Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.




Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk membaca seluruh artikel ini, secara garis besar, cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan :



  1. Menentukan produk yang tepat
  2. Mencari tahu siapa target pasar
  3. Memilih media promosi yang efektif
  4. Menggunakan strategi promosi kreatif
  5. Membuat pembukuan untuk menghitung margin



Selanjutnya mari kita kupas secara mendalam, satu per satu dari kelima poin penting diatas untuk menjadi pengusaha sukses dari nol.



1. Menentukan produk




Langkah awal untuk menjadi pengusaha / pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset produk.



Produk disini tidak selamanya harus berbentuk barang fisik, namun juga bisa berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau semacamnya, bahkan bisa juga berbentuk layanan / jasa.



Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat (konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil.



Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset tersebut adalah dengan menggunakan tool dari Google. Ya, tool yang saya maksud adalah Google AdWords Keyword Planner, tool online gratis dari Google ini bisa kita gunakan untuk mencari tahu berapa banyak peminat suatu produk. Jadi misal kita mengetikkan produk 'baju korea' maka nanti akan muncul jumlah pencarian produk tersebut tiap bulannya.



Menentukan produk pemasaran



Data tersebut, bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah produk tersebut memilik prospek bagus atau tidak. Jika tren atau jumlah pencarian meningkat, maka bisa dipastikan produk tersebut memiliki prospek bagus.



Alternatif lainnya untuk mencari ide bisnis terbaik secara gratis bisa adalah dengan mencari informasi produk melalui Amazon Best Seller atau bisa juga menggunakan Google Trends, jadi Anda cukup melihat apa yang sedang trend lalu jual produk tersebut, pasti akan laku keras.



2. Mencari tahu target pasar




Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.



Mencari tahu target pasar



Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau lebih dikenal dengan segmentasi yang meliputi :



  • Target produk
  • Target lokasi
  • Target demografi
  • Target psikografi



Untuk mempermudah memahami maksud dari keempat poin target pasar diatas, akan saya berikan contoh, semisal Anda ingin menjual baju korea :



  • Target produk : Remaja belasan tahun
  • Target lokasi : Kota besar di indonesia
  • Target demografi : Anak orang kaya, uang jajan jutaan per bulan
  • Target psikografi : Remaja yang aktif di sosialmedia



Dengan menentukan dan mengetahui target, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara promosi produk seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.



3. Memilih media promosi yang efektif




Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk promosi, seperti media cetak, internet, radio atau tv. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target Anda, jika target produk Anda adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi, sebaliknya jika target Anda adalah orang tua yang notabenya tidak terlalu paham akan internet, maka gunakan media tv atau radio.



Salah satu cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil bisa dengan cara memanfaatkan situs media promosi gratis di internet, seperti media sosial Facebook, Twitter atau Google+, karena dari media sosial itulah kita bisa mendapatkan banyak pelanggan, mengingat masyarakat modern saat ini lebih memilih untuk bersosialisasi melalui media sosial dibanding bertemu langsung di dunia nyata.



Memilih media promosi yang efektif



Memanfaatkan toko online sebaagi media promosi di internet juga bisa jadi alternatif untuk Anda yang memiliki cukup modal, pasalnya untuk buat 1 toko online membutuhkan biaya antara 100 - 200 ribu (per bulan) dengan rincian :



  • 1 Domain : Rp. 100.000 per tahun
  • 1 Hosting : Rp. 50.000 per bulan



Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kini telah tersedia domain dan hosting gratisan dari penyedia hostinger indonesia seperti IDHostinger, 000Webhost dan masih banyak lagi lainnya. Jadi sekarang kita bisa buat toko online gratis menggunakan layanan dari hostinger tersebut, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat toko online, silahkan Anda pelajari disini http://www.seoterpadu.com/2014/10/cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress.html.



4. Menggunakan strategi promosi kreatif




Akan sangat susah untuk bisa menjadi pengusaha sukses jika Anda tidak mengerti bagaimana cara menjalankan strategi berbisnis yang baik dan benar.



Penjelasan mengenai strategi atau metode marketing ini sangat panjang jika saya jelaskan secara rinci, untuk itu disini akan saya jelaskan singkatnya saja, dan mungkin jika ada waktu akan saya sambung di artikel selanjutnya.



Menggunakan strategi promosi kreatif



Berikut gambaran atau garis besar tentang strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggan :



  • Dapatkan kepercayaan pelanggan
  • Berikan harga murah diawal
  • Diskon untuk pembelian lebih dari satu
  • Sarankan produk lain
  • Jangan lupakan layanan after sales



Intinya, diawal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.


Pemasaran yang baik akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan yang akan meningkatkan keuntungan dalam bisnis atau usaha yang Anda jalankan.


5. Membuat pembukuan untuk menghitung margin




Akan jauh lebih baik jika pengusaha / pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena dari pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung dan rugi, jadi kita bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan.



Intinya pembukuan itu penting untuk membantu kita menjadi pengusaha sukses. Pembukuan juga akan membantu kita dalam merencanakan bisnis kita ke depan.



tidak ada kata terlambat untuk menjadi pengusaha



Intinya disni saya ingin mengatakan bahwa, tidak ada batasan usia dalam berbisnis, dengan kata lain jika kita ingin belajar cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa pun juga bisa asalkan kita mau untuk berusaha, sebagai contoh adalah Mark Zukerberg yang sukses berbisnis di usia muda, dan tentunya tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, contoh nyatanya adalah Harland Sanders yang mendirikan KFC pada usia 65 tahun.




Kurang lebih itulah tips menjadi pengusaha muda sukses yang bisa saya berikan untuk Anda, dan perlu dicatat bahwa cara menjadi pengusaha muda tanpa modal uang itu nyata untuk mereka yang percaya, jadi tidak ada alasan untuk tidak menjadi pengusaha karena alasan tidak ada modal.




Semoga cara menjadi pengusaha muda sukses yang saya berikan diatas bisa memberikan inspirasi untuk teman-teman semua untuk memulai berbisnis dari sekarang.

0 comments:

Post a Comment